Label

Wednesday, November 4, 2015

Operator Matematika di Matlab

Operator Matematika di Matlab, merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diketahui. kita tidak akan bisa membuat hal lain seperti pengolahan sinyal, pengolahan citra, interpolasi dan hal lainnya. tanpa menegetahui mana operator matematika yang akan kita gunakan. Tutorial ini diperuntukkan untuk yang benar-benar baru dalam dunia per-Matlaban. hehehe. baiklah tanpa banyak pembuka, berikut adalah operator matematika yang ada dan paling sering digunakan dalam matlab.


Beberapa operator pasti sudah tidak asing bagi teman-teman sekalian. namun bagi orang baru dalam dunia Matlab. ada beberapa operator yang tidak biasa seperti .*, ./, dan .^  berikut adalah penjelasan dan contoh hasilnya.



clc;
clear all;

a=[1 2 3];
b=[4 5 6];
c=[4 ; 5 ; 6];

hasil1=b./a
hasil2=b/a

hasil3=b.*a
hasil4=b*c

hasil5=b.^a

hasil7=b+a
hasil8=b-a

dan berikut adalah hasilnya :


dari hasil diatas, berikut adalah penjelasannya. .* dan * berbeda hasilnya. kita menggunakan .* jika kita menginginkan hasil dari sebuah operasi aritmatik dalam hal ini array yang kita bentuk akan dilakukan perhitungan biasa. sedikit membingungkan ya.. saya sendiri agak sulit menjelaskannya. misal : array a berisi 2 3 dan array b berisi 3 4 jika hasil yang kita inginkan adalah a11*b11 dan a12*b12 maka yang dilakukan adalah menggunakan .* sehingga 2*3 = 6 dan 3*4 = 12. sedangkan jika kita ingin mengalikan array biasa maka kita menggunakan * biasa. patut diingat bahwa untuk menggunakan operasi matriks baris dari array variabel pertama harus sama dengan kolom pengali. dan begitu juga dengan operator yang lainnya.
jika ada pertanyaan. jangan sungkan bertanya. saya dengan senang hati menjawab jika saya memiliki jawabannya.

1 comment:

  1. Terimakasih atas artikel-artikelnya yang bermanfaat.

    Kami dan tim sedang membuat game edukasi matematika untuk anak. Jika berkenan, kami akan senang atas reviewnya serta masukan saran dan kritikanya.

    Linknya : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.indogeek.brainflips

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com