Label

Wednesday, April 29, 2015

Membuat Running Time Matlab

Artikel sebelumnya membahas mengenai bagaimana mengubah background pada Matlab, untuk tutorial berikutnya adalah bagaimana membuat Running Time pada Matlab.
Running Time merupakan salah satu hal yang sangat penting pada saat melakukan pengkodingan sebuah program, terutama yang berkaitan dengan bagaimana efisiensi sebuah program/Algoritma ketika dijalankan. Running Time sangat dibutuhkan terutama bagi penelitian tentang efisiensi algoritma, dan sering kali dilakukan menggunakan Matlab. Bagaimana cara membuat running time pada Matlab ?, berikut ini tutorial pembuatannya.

Seperti gambar disamping, dapat dilihat terdapat Kecepatan pembacaan plat yang dilakukan oleh program yang saya kembangkan. waktu yang ditampilkan disamping diambil dalam second. Untuk diingat running time biasa dimabil dalam second, bukan dalam menit. hal ini dikarenakan, kecepatan kalkulasi CPU pada saat ini sudah tergolong sangat cepat. jika dimasukkan dalam menit, maka angka yang akan dihasilkan akan berkoma dan sulit untuk dibaca. Untuk pembuatan running time, yang digunakan adalah baris kode TIC dan TOC. Silahkan simak Code dibawah ini.




function Proses_Callback(hObject, eventdata, handles)
% hObject    handle to Proses (see GCBO)
% eventdata  reserved - to be defined in a future version of MATLAB
% handles    structure with handles and user data (see GUIDATA)
    guidata(hObject,handles);
    handles.rgb=handles.gambar;
    a=handles.gambar;
%     idmetode=get(handles.metode,'Value');
tst=tic;
baca=proses(a);
tfin=toc(tst);
% wak=waktu_ctt;
wak=datestr(now,'HH:MM:SS');
hari = datestr(now,'dd-mm-yyyy');

% tpl=baca;
% twk=wak;
cobadb(baca,wak,hari,tfin);
a=lihatdata;
hari = datestr(now,'dd-mm-yyyy');
set(handles.tbl_plat,'Data',a);
set(handles.hasil,'String',baca);
set(handles.waktu,'String',tfin);
set(handles.timex,'String',hari);
set(handles.jam,'String',wak);

Pada kode tersebut dapat dilihat bahwa proses TIC dan TOC yang digunakan, berada diantara baca=proses(a);. maksud dari kodingan ini adalah, tst=tic, menandakan dimulainya stopwatch, kemudian baca=proses(a); akan diproses, ketika proses selesai, maka selanjutnya stopwatch akan dihentikan menggunakan TOC. 

1 comment:

  1. Hal ini sangat bermanfaat sekali gan, salam kenal dan salam sukses selalu...amin... ijin berbagi juga ya gan, tentang, Kumpulan Gambar DP BBM Kata Bijak Terbaru 2016 Gokil, tipsponsel.web.id, terimakasih...

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com